4 Jenis Cucak Ijo yang Paling Bagus

Januari 13, 2022

1

Bagi para pecinta burung kicau, burung Cucak Ijo pasti sudah tak asing lagi didengar. Burung ini memiliki banyak peminat karena berbagai keistimewaannya. Di bawah ini akan diulas beberapa jenis cucak ijo yang paling bagus, yang mungkin bisa memberikan inspirasi Anda untuk menambah koleksi burung baru. 

Tentang Cucak Ijo

Burung ini memiliki nama ilmiah Chloropsis Sonnerati. Cucak Ijo mudah dikenali karena ciri pada warna bulunya. Burung Cucak Ijo memiliki bulu berwarna hijau. Selain itu, burung ini juga memiliki kicau yang indah dan khas. Burung ini termasuk hewan dilindungi, sehingga Anda memerlukan izin pemeliharaan.

Selain kicauan yang indah, burung ini juga memiliki kemampuan menirukan kicauan burung lainnya. Selain itu, burung ini juga tergolong mudah untuk dijinakkan. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 4 jenis cucak ijo yang paling bagus dan memiliki banyak peminat. Berikut jenis-jenisnya.

Jenis Cucak Ijo yang Paling Bagus 

Di Indonesia sendiri, Cucak Ijo terdiri dari berbagai macam jenis. Semuanya memiliki penggemarnya masing-masing. Di bawah ini akan dikenalkan macam-macam jenis Burung Cucak Ijo yang paling banyak diminati di Indonesia.

1. Cucak Ijo Kalimantan

Jenis Cucak Ijo yang pertama yaitu Cucak Ijo Kalimantan.sesuai dengan namanya, jenis burung ini berasal dari Pulau Borneo atau Kalimantan. Burung ini dikenal memiliki mental yang tangguh dan tegas. Untuk burung petarung, ukuran tubuhnya lebih besar.

Jenis yang satu ini memiliki ciri warna hijau kekuningan pada bagian tubuhnya. Ketika burung ini sudah dewasa, warna biru pada bagian kepala sudah tidak nampak lagi. Jenis Kalimantan ini memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis burung lainnya, berikut di antaranya.

  • Posturnya lebih bulat dibanding dengan cucak ijo lainnya
  • Ekornya lebih pendek dan kaku ketika diraba
  • Hampir di seluruh bagian tubuhnya berwarna hijau kekuningan

2. Cucak Ijo Banyuwangi

Jenis cucak ijo yang paling bagus in berasal dari Jawa Timur, yaitu Cucak Ijo Banyuwangi. Di antara cucak ijo lainnya, jenis yang satu ini memiliki harga yang cenderung lebih tinggi. Satu ciri yang khas pada jenis ini, yaitu bentuk kepala yang relatif lebih besar.

Kicauan Cucak Ijo Banyuwangi juga terdengar lebih merdu. Tubuhnya terlihat lebih melengkung dan lebih tajam. Berikut beberapa ciri khas Cucak Ijo Banyuwangi.

  • Berwarna hijau pekat
  • Ekornya lebih panjang, lentur, dan melengkung
  • Jambulnya akan berdiri ketika sedang atraktif berkicau

3. Cucak Ijo Sumatera

Jenis yang satu ini memiliki harga yang tidak lebih mahal dari Cucak Banyuwangi. Cucak Ijo Sumatera juga pernah menjuarai kompetisi kicau. Maka dari itu, jenis yang satu ini juga tak kalah banyak diburu pecinta burung. 

Cucak Sumatera juga memiliki kicauan yang sama-sama indah. Untuk mempertahankan kualitas suaranya, maka sebagai pemilik harus memperhatikan beberapa hal, terutama makanan, kesehatan, dan perawatannya. Berikut ini beberapa ciri Cucak Sumatera yang membedakannya dengan jenis lain.

  • Suara kicauannya bervariatif 
  • Bagian atas kepalanya berwarna kuning
  • Jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil

4. Cucak Ijo Rante

Yang unik dari jenis cucak ijo ini yaitu kombinasi 4 warna pada bagian tubuhnya, yaitu kuning, hijau, biru, dan hitam. Area persebarannya berada di sekitar Sumatera. Berikut beberapa ciri khas Cucak Ijo Rante.

  • Terdapat warna biru di sekitar dahi dan wajah
  • Tenggorokannya berwarna hitam
  • Kakinya berwarna abu kebiruan

Cucak Ijo memang menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta burung kicau. Beberapa jenis cucak ijo yang paling bagus tadi bisa Anda jadikan inspirasi untuk menambah riuh kicau burung di rumah Anda.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
brid-banner

Baca Juga