Rekomendasi Pakan Lovebird Terbaik Biar Gacor

Januari 22, 2022

00f896f0-d1df-4e9d-93d5-48a558d5390a

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain karena gacor dan warna bulunya indah, Lovebird juga disukai karena perawatannya mudah, termasuk dalam hal pemberian pakan. Selama Anda memberikan pakan Lovebird terbaik, burung akan tumbuh dengan baik.

Rekomendasi Pakan Lovebird 

Apakah makanan yang buruk bisa menyebabkan pertumbuhan Lovebird terhambat? Tentu saja iya. Layaknya manusia, burung juga membutuhkan makanan yang sesuai agar tubuhnya bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Lantas, apa saja makanan yang baik untuk burung Lovebird? Berikut daftarnya.

  • Milet

Milet merupakan salah satu makanan pokok bagi burung Lovebird. Di pasaran, Anda bisa membeli dua macam milet, yakni milet merah dan putih. Umumnya, milet merah diberikan untuk menurunkan birahi agar tidak konslet

Sementara, milet putih merupakan pakan biasa yang sifatnya netral. Tak perlu khawatir, harganya juga sangat terjangkau. Berapa harga makanan burung Lovebird? Anda bisa membelinya mulai harga Rp10.000 saja.

  • Biji Kenari

Pakan Lovebird terbaik selanjutnya adalah biji kenari. Sama seperti burung parkit dan finch, Lovebird juga merupakan burung pemakan biji-bijian. Anda bisa membeli biji kenari import yang di dalamnya terkandung banyak nutrisi.

Biji kenari bisa menunjang pertumbuhan burung karena mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Bukan hanya itu, biji kenari juga bisa mengatasi suara burung yang serak dan merangsang agar burung gacor. Biji kenari yang bagus memiliki warna kuning mengkilap.

Selain itu, biji kenari juga harus bersih dan tidak berbau. Perlu diingat, jangan memberikan biji kenari terlalu banyak karena bisa membuat burung obesitas.

  • Jagung Manis

Apakah Lovebird makan buah? Burung Lovebird lebih sering mengonsumsi sayuran, seperti jagung manis. Pakan ini membuat burung gacor untuk lomba. Jagung mengandung vitamin B, C, folat, dan beta karoten untuk memelihara kesehatan matanya.

Selain itu, jagung manis juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membentuk otot pada burung Lovebird. Namun, Anda harus memberikan jagung manis yang masih muda agar lebih mudah dimakan. Memberikan jagung manis yang masih mentah juga bisa meningkatkan birahi Lovebird.

  • Kecambah

Berikutnya, Anda bisa memberikan kecambang. Pakan ini mengandung banyak vitamin dan zat gizi, sehingga bisa meningkatkan stamina burung. Selain itu, suaranya juga bisa semakin lantang. Anda bisa mencampurkan kecambah dalam racikan pakan lain untuk mempersiapkan burung sebelum tahap breeding.

  • Kangkung

Sayuran apa saja yang bagus buat lovebird? Salah satu jenis sayur bisa dikonsumsi Lovebird adalah kangkung. Pakan Lovebird terbaik ini mengandung kalsium, sehingga bisa meningkatkan pembentukan cangkang telur. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan pakan kangkung karena bisa meningkatkan birahi.

  • Biji Gandum

Terakhir, Anda bisa memberi pakan biji gandum. Makanan ini bisa mempercepat pertumbuhan Lovebird pada fase mabung. Biji gandum mengandung aneka nutrisi yang bisa memperbaiki struktur jaringan bulu, sehingga terlihat lebih menarik.

Selain itu, pakan ini juga bisa meminimalisir resiko burung terserang stres dan sakit. Biji gandum sangat cocok untuk diberikan pada burung yang terlalu kurus. Berkat kandungan protein, karbohidrat, dan kalori di dalamnya, biji gandum bisa menjadi pakan terbaik untuk menggemukan badan Lovebird dengan sehat.

Apakah pakan burung Kenari bisa buat Lovebird? Bila tidak ada makanan khusus untuk Lovebird, Anda bisa memberikan pakan kenari berupa biji-bijian. Namun, tetap saja lebih baik Anda memberikan pakan burung yang sesuai dengan jenisnya. 

Anda perlu memilih pakan yang bagus agar Lovebird bisa berkicau dengan kencang. Selain itu, pakan terbaik juga bisa menunjang Lovebird untuk lomba.

Berbagai pakan Lovebird terbaik di atas bisa Anda beli di toko burung terdekat dengan harga terjangkau. Bila ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa membuat racikan pakan sendiri. Namun, pastikan komposisinya tepat agar bisa bermanfaat dalam menunjang kesehatan burung.

brid-banner

Baca Juga