Tanpa Ngoyo !! Perawatan Lovebird Betina Single Fighter Untuk Pekerja

Agustus 17, 2022

Cara-Membuat-Lovebird-Ngekek-Panjang-semuatentangburung.com

Perawatan adalah salah satu upaya dalam memelihara makhluk hidup, tanpa terkecuali dalam pelihara burung. Dengan perawatan yang tepat dapat membuat peliharaan kita akan menjadi apa yang kita inginkan, pada kesempatan ini kita akan membahas perawatan lovebird dan lebih spesifik lagi yaitu perawatan lovebird betina single fighter.

Perawatan lovebird memang sangat komplek kadang kita dipusingkan dengan hal tersebut, bahkan waktu kita tersita banyak untuk merawat ataupun men setting burung lovebird kita agar bisa Top performance di lapangan. Bagaimana kalau kita pekerja dan punya waktu untuk lovebird terbatas? Apakah pekerja tidak boleh pelihara lovebird ?

Lovebird Betina single fighter, ya itu pilihan yang sangat tepat. Untuk merawat Lovebird betina SF tidak perlu terlalu “ngoyo”, santai wae bro. Anda dapat menyesuaikan waktu kerja, waktu Bersama keluarga, dan waktu bersama lovebird.

Misal, sebelum berangkat kerja lovebird bisa diembunkan dahulu, kemudian pulang kerja dimandikan sambil dibersihkan kotoran dan ganti pakan minun. Bagi pekerja, tentu hal tersebut tidaklah sulit dan merepotkan. Kita akan menjelaskan spesifik bagaimana merawat lovebird betina single fighter.

 

Setingan Lovebird Betina Single Fighter

  1. Lingkungan Steril Lovebird

Untuk lovebird betina single fighter lebih baik dibuatkan atau dipilihkan lingkungan yang sepi. Karena apa, lovebird betina harus dibiarakan sendiri jauh dari lovebird lain. Kalaupun ada suara hanyalah suara Mp3 untuk masteran lovebird tersebut. Kenapa sih tidak boleh ada lovebird lain disekitarnya? Hal ini berkaitan dengan lovebird betina gacor dirumah tapi di gantangan diam seribu Bahasa. Sedangkan kita menginginkan lovebird gacor di gantangan.

Beda dengan lovebird betina yang ngekek sendiri, biasanya kondisi tersebut membuat lovebird betina lebih santau saat tampil di lapangan. Sehingga, lovebird betina akan ngekek rileks dirumah kemudian ngekek maksimal di lapangangan.

 

  1. Mandi Malam Untuk Lovebird Betina

Mandi malam, treatmen ini bertujuan untuk menurunkan birahinya. Waktu yang tepat untuk setingan mandi malam lovebird betina single fighter yaitu setelah sholat magrib atau sekitar jam 18.00.

Selain itu, waktu memandikan lovebird pada jam tersebut lebih mudah dilakukan oleh para pekerja yang umumnya pulang kerja disore hari. Sebenarnya ada opsi jam 22.00 tetapi waktu itu teralu malam bisa beresiko burung sakit dan kita sendiri sebagai pekerja jam segitu sudah waktunya istirahat, kecuali anda yang pulang kerja malam hari silahkan.

 

  1. Pengembunan Lovebid Betina

Treatmen pengembunan harus dilakukan pagi buta sekitar pukul 05.00 – 06.00 pagi, dengan hal tersebut kita harus bangun pagi.

Dari pengembunan tersebut akan terlihat lovebird betina birahi atau tidak. Faktor birahi adalah syarat mutlak lovebird betina  fighter kita bisa ngekek Panjang maupun jalan di lapangan.

Lebih baik, lovebird diembunkan sampai matahari muncul atau tebit. Namun, kalau anda berangkat kerja pagi-pagi sekali, lovebird cukup diembunkan selama 15-30 menit saja.

 

  1. Latihan Fisik Kandang Umbaran

Fisik itu sangat penting pada lovebird kita, Latihan ini sangat mempengaruhi stamina dan nafas burung kita. Serta membakar lemak pada burung, karena lemak sangat mengangu keaktifan burung lovebird.

Kendang umbaran idelanya 1 x 2 meter atau lebih, tetapi kita juga bisa memakai kendang kotak lovebird.

Sebagai pekerja kitab isa melakukan ini saat libur kerja karena umumnya dilakukan di siang hari. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan di sore hari saat pulang kerja, jangan malam karena kondisi burung saatnya istirahat.

 

  1. Penjemuran Lovebird Betina

Setelah pengembunan, bila anda saat libur kerja lakukan penjemuran dilakukan sampai jam 08.00 pagi. Lovebird harus terkena sinar matahari langsung tapi tidak perlu terlalu panas, jadi lakukan sampai jam 08.00 saja kalau hari itu cuaca cerah.

Namun, jika anda kerja, berarti lakukan penjemuran sebentar saja 30 menit cukup. Yang terpenting burung sudah terkena sinar matahari langsung.

 

  1. Pemasteran Lovebird Betina

Pemasteran sangat penting untuk mempengaruhi lagu dan durasi lovebird kita. Sepertinya hal ini tidak sulit dilakukan di era teknologi sudah berkembang, kita cukup Play Mp3 suara yang kita inginkan memakai HP atapun mp3 player dengan kondisi batrei full.

Saat pemasteran kondisikan burung rilek dengan mengkrodong dan menjauhakan jangkauan hewan lain seperti ular kucing maupun tikus.

 

  1. Kerodong Siang dan Malam

 

Beberapa orang mengangap penkrodongan ini menggangu sirkulasi udara dalam sangkar. Namun, sebenarnya tidak karena krodong didesain ada pori udara agar masuk. Bahkan pengkrodongan membuat lovebird lebih nyaman dan aman.

Aman dari terpaaan angin, aman dari kcuing dan hewan penggangu lainya. Krodong juga bisa menjaga mental lovebird agar tidak tepropokasi burung lain.

Pengkrodongan bisa dilakukan siang sampai malam hari, siang saat dimasteri, kemudian malam hari wajib full krodong.

 

  1. Settingan Lomba Lovebird Betina

 Lomba salah satu alat menguji keberhasilan dalam merawat lovebird sudah tepat atau belum.

Kalau sudah masuk lomba, kondisikan birahi lovebird betina -1 saat berada di rumah. Sebab, saat lomba birahi betina sangat mudah naik, jadi saat di lomba burung dalam keadaan birahi yang pas dan stabil.

Jangan sampai lovebird betina over birahi. Karena dalam hal birahi lovebird betina sangat susah diturunkan birahinya dibandingkan menaikan birahi.

Ciri birahi lovebird dalam kondisi -1, yaitu lovebird ngejek panjang tetapi volume yang dikeluarkan kecil atau sedikit pelan. Bulu agak sedikit mengembang atau mengembung.

 

  1. Pakan Lovebird Betina

Untuk pakan lovebird betina single fighter cukup diberikan milet putih polos yang bersih, bisa dicuci dan jemur dulu sebelmum dikasihkan ke lovebird. Jangan lupa, minuman dibersihkan setiap hari, karena lovebird sering memasukan kulit milet kedalam cepuk minuman.

 

Kesimpulan

Lakukan perawatan/setingan sama dengan diatas bila kondisi burung anda sama dengan yang kami alami. Tapi Jangan melakukan secara utuh treatmen diatas, lakukan treatmen sesuai karakter burung anda. Karena karakter burung anda hanya anda sendiri yang tau. Jika dipaksakan burung akan tidak maksimal dalam performa nya.

 

 

brid-banner

Baca Juga