8 Makanan Lovebird Murah dan Lengkap, Beri Pakan Terbaik agar Burung Tetap Sehat

November 18, 2021

8-makanan-lovebird-murah-dan-lengkap-beri-pakan-terbaik-agar-burung-tetap-sehat

Lovebird adalah jenis burung yang cerdas dan penyayang. Lovebird juga mudah dipelihara oleh pemula, meski tetap membutuhkan perhatian khusus. Jenis burung lovebird sebaiknya dipelihara berpasangan, karena lovebird mereka membutuhkan begitu banyak perhatian dan kasih sayang.

Lovebird adalah jenis burung beo kecil berukuran antara 5,1-6,7 inci (13-17 cm). Mereka memiliki paruh besar dan ekor yang berbentuk bulat atau persegi. Rata-rata masa hidup lovebird adalah antara 10-12 tahun dengan beberapa jenis yang bahkan bisa hidup lebih lama. Lovebird tertua yang pernah tercatat berumur 17 tahun, mengutip dari mspca.org.

Di alam liar, burung lovebird memakan biji-bijian, beri, buah-buahan, rerumputan, pucuk daun, dan tanaman pertanian seperti jagung. Makanan lovebird terdiri dari 1 setengah hingga 2 ons (45-60 gram) pakan setiap hari untuk seekor burungnya. Bagi makanan lovebird peliharaan, Anda dapat mencoba salah satu dari beberapa rekomendasi makanan lovebird di bawah ini.

Pelet & Buah-Buahan

1. Pelet

Makanan lovebird yang pertama adalah pelet. Pelet merupakan makanan khusus yang dibuat untuk burung seperti burung lovebird, burung beo dan masih banyak jenis burung lainnya. Memberikan pelet sebagai makanan lovebird Anda dapat mejadi pilihan dan tambahan yang baik dan sempurna untuk nutrisinya. Selain pelet, Anda juga bisa memberi lovebird jenis makanan yang lain agar kebutuhan gizinya terpenuhi dengan cukup.

2. Buah-buahan

Makanan lovebird yang kedua adalah buah-buahan. Anda bisa memberikan beragam buah-buahan sepserti misalnya apel kepada burung lovebird peliharaan. Usahakan untuk memberishkan dan membuang biji apelnya terlebih dahulu sebelum diberikan. Lovebird juga bisa diberi buah pisang, buah jeruk segar, beri, mangga, melon, anggur, kiwi, pepaya, persik, plum, segala jenis pir, dan belimbing.

Biji-Bijian & Sayuran Hijau

3. Gandum

Makanan lovebird yang ketiga adalah biji gandum utuh. Jenis biji-bijian gandum seperti barley, oat, quinoa, gandum, dan beras juga bisa diberikan kepada burung lovebird peliharaan Anda. Biji oat bahkan dinilai mampu mempercepat dan menenangkan proses pergantian bulu pada burung lovebird.

4. Sayuran Hijau

Makanan lovebird yang keempat adalah sayur-sayuran berdaun hijau. Lovebird dapat diberi makan daun kubis, daun kembang kol, brokoli, bok-choy, daun dandelion dan rumput laut. Daftar itu adalah beberapa jenis sayuran dan rumput hijau yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan burung lovebird peliharaan Anda.

brid-banner

Baca Juga