TIPS MENCETAK MURAI BATU ALBINO !! BUKAN KEBETULAN DAN HOKI

April 28, 2022

images (14) (16)

Murai albino – Murai batu adalah burung dengan kicauan merdu yang membuat pecinta burung kepincut untuk pelihara burung satu ini, dengan suara khas serta kombinasi kicauan dengan menirukan burung lain serta banyaknya kelas lomba murai batu mulai dari latber, latpres, cup, maupun event nasional, membuat murai batu sangat digandrungi para pecintanya.
Daya tarik murai batu dengan seiring perkembangan zaman tidak melulu dari suaranya. Kini para kicau mania mulai melirik dari variasi warna, dulu hanya lovebird yang memiliki warna yang indah kini murai batu mulai ada penghobi denggan warna.

Kini ada Murai Batu Albino, selain dari warna yang khas albino yaitu bulu putih mata merah murai albino juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Tak kalah dengan murai batu yang berprestasi digantangan, burung murai batu albino bernilai tinggi bahkan pada saat masih lolohan maupun trotolan. bahkan belum terlihat jantan maupun betina murai batu albino sudah berharga fantastis.
Dilihat dari segi bisnis inilah kenapa murai batu albino wajib diternak atau masuk kandang, burung ini adalah ladang mesin ATM jika kita sukses dalam membudidayakan burung murai tersebut.

Ciri-ciri Murai Batu Albino ?
Murai batu albino, bukanlah sebuah jenis murai dari suatu daerah seperti muari medan burneo dll. Murai batu albino merupakan kelainan genetik ya disengaja maupun tidak (dari alam). Karena faktor X gen yang sama dari Keturunan dikawinkan satu darah.
Murai batu albino memiliki ciri fisik seperti umumnya kelainan genentik albino, dengan ciri fisik mata merah, bulu putih, serta paruh juga putih dengan prosentase 95%. Ya mungkin sahabat kicau sebagian banyak sudah mengerti dengan hal tsb.

BACA JUGA –

Kenali 5 Jenis Batu Murai, Si Pemilik Suara Kicau Merdu dan Nyaring

Sangat Mudah Anti Gagal || Cara Menjodohkan Murai Batu Jantan Dan Betina 

 

Cara Mudah Mencetak Murai Batu Albino
Dengan berbagai sumber yang kami dapat data , dan menurut banyak pelaku ternak melakukan observasi yang sukses mengeluarkan murai batu albino.
Sebenarnya mencetak murai batu albino tidak melulu harus membeli Indukan Albino atau memiliki trah albino untuk mengeluarkan anakan albino, setidaknya sahabat kicau harus mengetahui dari trah keberapa, dengan gen sedarah dari hasil silangan anakan burung siapan indukan yang berkwalittas.
Untuk memudahkan sahabat kicau mengamati dari perkawinan silang apa untuk dapat mencetak murai batu albino, bisa mengunakan analisa teori dibawah ini. Untuk lebih maksimalnya jodohkan antara medan dan medan jangan menyilangkan de daerah lain misal medan dengan borneo dll, dan usahakan ekor jantan panjang 24 cm.

Analisa Teori

  1. Indukan A (jantan) x Indukan B (betina) = Menghasilkan 3 Telur (Anakan  Murai Batu).
  2. Produksi pertama (P1) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Betina), Anakan 3 (Betina).
  3. Produksi kedua (P2) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Jantan).
  4. Produksi ketiga (P3) dengan : Anakan 1 (Betian), Anakan 2 (Jantan).
  5. Produksi ke empat (P4) dengan : Anakan 1 (Betian), Anakan 2 (Jantan), Anakan 3 (Jantan).
  6. Produksi kelima (P5) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Jantan), Anakan 3 (Jantan).
  7. Produksi ke enam (P6) dengan : Anakan 1 (Betina), Anakan 2 (Betina), Anakan 3 (Jantan).
  8. Produksi ke tujuh (P7) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Betina).

Menghasilkan Anakan Murai Batu Albino


Catatan !! Kawinkan kembali hasil indukan dari anakan sedarah dari ketujuh turunan dengan secara acak, semakin jauh garis keturunanya semakin pecah genetik yang dapat menghasilkan muri batu albino, jika garis keturunan masih dekat akan menghasilkan Anakan Blorok dimana bulu putuh tidak mencapai 95% pada burung.

sebagai contoh anakan blorok ;
P1/anakan 2 (betina) X P2/anakan 2 ( jantan) = Blorok
p1/anakan 1 (jantan) X P7/anakan 2 (betina) =Blorok

Dari rangkuman dari berbagai sumber peternak diatas, yang dapat disimpulakan. mencetak albino memang sudah tetapi Bisa. bahkan bila tidak albino tetapi blorok pun memiliki nilai ekonomi tinggi. di waktu dekat2 ini kami membeli murai batu blorok dengan paruh putih anakan dengan harga 8juta lepas loloh. Selamat mencoba

brid-banner

Baca Juga