4 Cara Mudah Merawat Lovebird Jantan Single Fighter – semuatentangburung

Februari 10, 2022

7f2eb3d2-a1a6-4524-aaa6-e86af44d04c8

Tahun 2022 ini kelas Lovebird fighter mulai mengalami peningkatan, terbukti dari sekala latber (latihan bersama) hingga even nasional selalu di padati oleh para peserta ngekek mania.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Lovebird fighter yang ngekek panjang serta rajin adalah Lovebird betina. Pendapat seperti itu tidak sepenuhnya benar, fakta di lapangan banyak juga Lovebird jantan yang ngekek panjang di gantangan.

Dulu memang Lovebird betina di percaya memiliki ke stabilan, tenang, dan fighter. Namun dengan perkembangan jaman sekarang sudah banyak ngekek mania yang memiliki gaco jantan yang stabil juga berdurasi panjang.
Berikut ini adalah 4 tips dan trik merawat Lovebird jantan single fighter yang bisa anda terapkan :

  1. Pemilihan Bahan
    Dalam pemilihan bahan yang perlu di perhatikan adalah genetika memiliki peran 70% dan 30% perawatan.
    Pilih bahan dari indukan yang ngekek panjang dan fighter, syukur-syukur dulu bekas burung lapangan. Bisa anda dapatkan di peternak yang sudah terbukti kualitas anakannya, namun untuk harga pasti berbeda. Alternatif yang lain bisa anda beli di ombyokan, pilih Lovebird yang terlihat rajin ngekek serta terlihat paling fighter dan syukur kalau ada yang ngekek panjang.
  2. Tahap Penggacoran
    Penggacoran harus melalui beberapa tahapan setingan maupun perawatan harian, misalkan dengan pemberian nutrisi tinggi untuk menunjang suara ngekeknya namun dengan catatan kita harus jeli dalam memberikan takaran.
    Contoh perawatan yang di pakai :
    Pagi sekitar jam 7 boleh di sepray embun atau asal basah dan siapkan cepuk besar agar si Lovebird mau mandi sendiri atau tidak.
    Penjemuran cukup 1 jam, setelah penjemuran langsung bisa di angin-anginkan dan taruh di tempat yang sejuk.
    Saat di angin-anginkan boleh di beri jagung secukupnya dengan pakan milet serta sedikit tambahan pakan penggacor yg anda yakini bisa membuat Lovebird anda rajin bunyi.
    Setelah itu full krodong sampai sore hari dan bisa di masteri suara Lovebird ngekek panjang.
    Setelah sore hari sekitar jam 4 krodong boleh di buka dan di angin-anginkan 30 menit hingga 1 jam agar lovebird mau bunyi lalu krodong kembali.
    Lalukan ini sampai LB terlihat gacor atau rajin bunyi.
    Yang penting dan rutin konsisten serta pahami karakter Lovebird anda.
  3. Menstabilkan Birahi
    Tahap ini di lakukan setelah Lovebird bahan sudah rajin bunyi atau gacor .
    Beberapa contoh yang bisa di lakukan :
    Mandi malam sekitar pukul 18.00 sampai pukul 20.00 dengan cara di semprot bagian dada asal basah tidak sampai basah kuyup. Pastikan burung dalam kondisi fit dan tidak dalam kondisi sakit, jangan lalukan mandi malam apabila Lovebird kondisi sakit karena bisa berakibat fatal.
    Setelah itu boleh di jejer dengan Lovebird lain ini bermanfaat untuk menghilangkan kepo si Lovebird bahan itu sendiri. Lakukan cukup 30 menit dan boleh di krodong kembali.
    Bisa di masteri lagi, bisa juga tidak. Malam hari minim 1 jam untuk pemasteran.
    Untuk kestabilan birahi lebih bagus Lovebird di keluarkan sekitar jam 5 pagi atau setelah subuh, ini berfungsi agar Lovebird lebih bugar karena udara pagi sangat bagus untuk Lovebird juga burung lainnya.
  4. Tahap Latihan Dikelas Latber
    Uji coba tes setingan lomba untuk pertama kali yang bisa di lakukan adalah penambahan pakan racikan saat H-1 malam setelah mandi malam.
    Hari H boleh di tambah sedikit kangkung serta jagung untuk menambah stamina dan birahi burung.
    Setelah di gantang pertama kali kita bisa tau seberapa jauh kita menemukan setingan Lovebird bahan tersebut serta bisa kita utak-atik agar si Lovebird mampu kerja maksimal di gantangan.

Itulah sedikit tips dan trik yang bisa di terapkan untuk perawatan Lovebird jantan single fighter. Jangan takut mencoba dan jangan takut gagal, selamat menikmati proses karena usaha tidak menghianati hasil.

 

brid-banner

Baca Juga