5 Kunci Sukses Merawat Burung Murai Batu Trotol Agar Cepat Gacor – semuatentangburung

Maret 26, 2022

c65b3753-2ce0-47ab-ac4f-94fa92f7fc73

Murai Batu masih menjadi primadona bagi kicau mania nusantara, sebagai burung rumahan yang di dengar suara kicauannya yang merdu maupun untuk dalam lomba burung berkicau.

Dengan alasan suara yang merdu serta dalam menirukan suara burung lain dengan sempurna ini lah yang menjadi penyebab Murai Batu memiliki daya tarik tersendiri di hati kicau mania.

Burung Murai Batu berjenis kelamin jantanlah yang memiliki suara dengan lentang serta variasi suara banyak di banding burung Murai Batu betina yang memiliki suara monoton.

Banyak penghobi burung yang langsung membeli burung Murai Batu yang sudah gacor, ada juga yang membeli dari bahan anakan trotolan dari peternak. Di tahun 2022 ini banyak sekali transaksi burung Murai Batu yang di lombakan dengan harga fantastis sampai ratusan juta bahkan sampai 1M dengan nama burung Superman yang mencatatkan rekor dunia pembelian burung termahal.

Berbagai gantangan yang menyelenggarakan lomba burung berkicau pun membuka kelas baru yaitu kelas Murai Batu Pastol atau lepas trotol, para pemula berbondong-bondong untuk mencari bahan Murai Batu lomba untuk di poles dari 0. Ada yang memang sudah lihai dalam merawat burung Murai Batu bahan dan ada juga yang masih awam tentang perawatannya.

Berikut ini adalah beberapa tahap cara yang di lakukan untuk Murai Batu bahan :

  1. Pemilihan Bahan
    Sebelum masuk ke perawatan Murai Batu, jelas kita harus memiliki Murai Batu bahan yang akan kita poles dari 0 dengan cara pilihlah Murai Batu trotol bahan yang berjenis kelamin jantan. Apabila tidak tau jenis kelamin Murai Batu trotol alangkah baiknya saat membeli di dampingi oleh orang yang memang sudah paham tentang ini, atau bisa langsung beli ke peternak Murai Batu terpercaya dan bergaransi.
  2. Pola pakan
    Untuk Murai Batu yang masih trotol tergolong burung dalam masa pertumbuhan jadi lebih bagus berikan extra fooding berfariasi seperti jangkrik, kroto, cacing, ulat kandang, dann ulat hongkong sebagai pakan hariannya. Namun meski pakan extra fooding banyak, jangan sampai lupa di kasih voer agar nantinya saat pastol tidak lupa untuk makan voer karena saat dewasa nanti extra fooding jelas di seting untuk kestabilan birahinya.
  3. Mandi dan Jemur
    Murai Batu yang masih trotol perlu kita mandikan namun tidak harus setiap hari, bisa 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Untuk tehniknya bisa kita semprot sprai embun ke bulu Murai Batu atau lebih bagus di belajari mandi dalam karamba. Setelah proses mandi lanjut jemur, penjemuran tidak harus lama cukup dengan 30 menit sampai 1 jam saja.
  4. Pemasteran
    Murai Batu adalah burung kicau yang pandai menirukan suara burung lain dengan jelas dan itulah yang menjadi poin penting untuk Murai Batu. Cara pemasterannya pun bisa dengan suara burung masteran asli yang di dekatkan dengan burung Murai Batu trotol atau bisa dengan suara MP3. Masteran yang bisa di berikan adalah suara burung Kolibri, Cucak Jenggot, Kapas Tembak, Gereja Tarung, Cililin, Kenari, dan bisa di sesuaikan dengan yang kita inginkan selama itu bagus untuk burung.
  5. Pengkrodongan
    Pengkrodongan ini berfungsi agar burung Murai Batu Trotol tenang dan fokus pada pemasteran yang kita berikan. Gunakan krodong tipis agar burung tetap bisa melihat air minum dan makanannya.
    Itulah beberapa tips dalam merawat burung Murai Batu trotol yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

 

Jangan lupa kunjungi situs kami :
Semuatentangburung.com
Youtube : Semua Tentang Burung
Instagram : @semua.tentangburung
Facebook : Stb Channel

Wartawan : Agus Budi Santoso
Editor 1 : Dwi Karyono
Editor 2 : Ardiansyah Djedol

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
brid-banner

Baca Juga