7 Cara Antisipasi Agar Lovebird Anda Tidak Galak Beserta Solusi Lovebird Galak, SIMAK || Semuatentangburung

Januari 27, 2022

c19ad122-a313-4f82-808c-eadecc14d354

Untuk lovebird lovers sering sekali menjumpai lovebird peliharaannya yang giras atau galak, terkadang kita binggung untuk menyikapi apabila burung dalam menyikapi kondisi burung seperti itu. Paling parah jika lovebird kita galak parah yang mengakibatkan si burung lovebird merusak apa yang ada di sekelilingnya. Termasuk sangkar yang di pakai, maka dari itu di sarankan untuk sangkar lovebird memakai sangkar besi yang kuat agar tidak mudah di rusaknya. Maka dari itu anda harus tau penyebab dan solusi lovebird anda galak agar tidak binggung dalam menyikapinya.

Sebagaimana ciri-ciri yang sering terjadi pada lovebird galak adalah lovebird menjadi agresif bahkan menjadi agresif sekali terhadap apa yang ada di sekelilingnya, yang paling parah si lovebird akan merusak bulunya sendiri, suara ngekeknya akan menjadi jarang tidak seperti biasanya dan bisa saja tidak bunyi sama sekali.

Penyebabnya burung dalam kondisi birahi tinggi yang membuat lovebird menjadi galak, untuk solusinya turunkan birahinya dan pencegahannya adalah jaga tingkat birahinya dengan cara pemberian EF yang tidak terlalu tinggi atau seimbang.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab love bird galak :

  1. Birahi love bird yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol
  2. Perawatan Yang Terlalu kasar tanpa kasih sayang dalam perawatan setiap harinya
  3. Terlalu jinak dan sering di godai pakai tangan
  4. Burung yang baru adaptasi dengan lingkungan baru

Inilah beberapa penjelasan untuk mengantisipasi agar love bird anda tidak galak :

  1. Tingkat Birahi Love bird
    Love bird yang giras, galak, serta agresif di sebabkan oleh birahi yang tinggi atau over birahi (OB) maka dari itu turunkan birahinya, tidak banyak burung yang galak di sebabkan karena over birahi saja namun bisa juga karena love bird stres, kurang nyaman dan lainya.
  2. Pola Pemberian Makan yang Baik
    Sebaiknya hentikan pemberian EF atau makanan yang meningkatkan birahi love bird agar birahinya bisa turun. Cukup berikan milet putih biasa saja dan sering mandikan love bird.
  3. Kurangi intensitas jemur
    Setelah proses pemandian ,kurangi penjemuran dari biasanya . Penjemuran cukup 10-15 menit saja untuk proses ini.
  4. Pola Mandi
    Mandi juga bisa menurunkan birahi love bird,membuat love bird lebih tenang,terapi stres.
    mandikan dengan frekuensi sering .mandi kan 3 x dalam 1 hari bahkan jika perlu lakukan 4 x yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Untuk malam hari lihat kondisi burung dan cuaca.
  5. Jangan sampai telat memberikan makanan
    Dalam merawat love bird jangan sampai telat karena bisa lemas,letih,dan menimbulkan emosi love bird keluar yang mengakibatkan love bird galak. Sering cek pakan setiap hari serta bersihkan sangkar juga terutama jangan sampai telat air minum bersih.
  6. Kasih pasangan/ untulan
    Agar love bird tidak galak boleh di berikan pasangan atau untulan.ini tentu saja membuat love bird lebih santai serta woles tidak galak. Pemberian pasangan jangan langsung di jadikan satu tapi alangkah baiknya love bird di dekatkan sampai love bird terlihat saling respon baru di satukan. Pantau sampai love bird terlihat akur, apa bila terlihat bertengkar boleh di pisah lagi dan di tempel kembali/ di dekatkan.
  7. Jangan sering di goda pakai tangan
    Terakhir jangan di goda pakai tangan, cukup pakai siulan atau tepuk tangan saja jangan pakai tangan karena bisa menimbulkan love bird emosi menjadi galak.

Itulah beberapa penyebab love bird galak beserta solusinya. Rawatlah burung love bird anda dengan rutin dan konsisten agar tetap dalam kondisi yang stabil sehingga burung love bird anda akan rajin bunyi.

 

brid-banner

Baca Juga