7 Kunci Sukses Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor – semuatentang burung

Februari 16, 2022

3b3e5d3b-5661-4b6e-aed2-412b19aa6652

Burung Cendet atau Pentet memiliki nama latin lanius schach ini adalah salah satu burung primadona di kalangan kicau mania. Suaranya yang merdu serta dapat menirukan suara burung lain dengan sempurna menjadi alasannya.

Sangat mudah merawat burung Cendet bagi kicau mania yang paham, namun tidak sedikit pula yang belum tau bagaimana cara merawat burung Cendet agar rajin bunyi dan gacor. Berikut ini cara merawat burung Cendet yang bisa di terapkan :

  1. Jenis Kelamin Burung Cendet
    Ketika ingin memelihara burung Cendet maka sebaiknya memilih burung Cendet yang berjenis kelamin jantan. Bagi jenis kelamin betina bisa saja bunyi dan juga di masteri, namun hasilnya kurang bagus dan tidak maksimal.
    Burung Cendet jantan memiliki ciri warna pada bulunya yang berwarna hitam dan gelap.
  2. Pola Makan Burung Cendet
    Burung yang di rawat untuk burung kicauan tentu membutuhkan nutrisi serta kandungan protein yang seimbang. Burung Cendet pun juga membutuhkan pakan yang seimbang untuk tenaga dan vitamin agar tubuhnya selalu sehat dan kondisi yang fit agar rajin berkicau. Perku di ketahui ciri burung Cendet yang sehat dapat di lihat dari gerakannya yang selalu aktif di dalam kandang.
    Berikan pakan secara teratur dan jangan memberi makan sembarangan. Pakan burung Cendet yang bisa kita berikan adalah voer berprotein dan extrafooding seperti jangkrik, ulat, dan kroto.
  3. Penjemuran
    Seperti pada umumnya burung peliharaan, burung Cendet juga sangat perlu untuk di jemur. Perlu di perhatikan penjemuran burung Cendet yang bagus di lakukan sekitar pukul 7 hingga 8 pagi, apabila lebih dari itu kurang baik untuk kesehatan dan bulu burung Cendet.
    Selain pagi hari, burung Cendet juga dapat di jemur pada sore hari sekitar jam 4. Dalam penjemuran ini, apabila burung Cendet di rasa sudah mulai kepanasan di lihat dari tingkahnya yang mulai gelisah, segera ambil dan di angin-anginkan minimal 30 menit baru bisa kita masukkan ke dalam rumah atau di krodong.
  4. Pengkrodongan
    Krodong bagi burung sama halnya seperti selimut, sehingga memberikan rasa tenang bagi burung yang sudah terbiasa di krodong. Fungsi krodong bagi burung Cendet adalah agar burung Cendet dapat beristirahat terutama di malam hari dan saat mabung. Suasana gelap di dalam krodong dapat meredam emosi agar tidak berlebih, juga berfungsi agar burung Cendet lebih fokus dalam mendengarkan masteran yang kita berikan.
  5. Pemasteran
    Sangat penting bagi kita untuk memasteri burung Cendet agar memiliki suara yang berfaruasi nan merdu. Dengan melakukan pemasteran, maka burung Cendet akan cepat terlatih dan cepat gacor.
    Waktu yang paling tepat dalam pemasteran burung Cendet adalah waktu sedang tumbuh bulu. Namun, sesungguhnya pemasteran burung Cendet tergantung dari kecerdasan si burung itu sendiri. Berikan pemasteran setiap hari pada saat kondisi di krodong dan pada malam hari menjelang burung tidur. Dengan melakukan rutin setiap hari kita dapat memaksimalkan potensi kicauan burung Cendet. Pemasteran bisa kita lakukan dengan MP3 atau dengan suara burung lain.
  6. Kebersihan Kandang
    Tentu kebersihan kandang atau sangkar burung sangatlah penting agar burung terhindar dari bakteri jahat yang dapat mengakibatkan penyakit hingga bisa berakibat fatal. Bersihkan kandang setiap hari serta menjaga kebersihan pakan dan minum agar burung selalu dalam kondisi sehat.
  7. Mandi
    Mandikan burung Cendet dengan cara di semprot, bisa di lakukan setiap hari pada pagi hari sebelum di jemur. Mandi malam juga dapat di lakukan untuk burung Cendet yang dalam kondisi over birahi dengan catatan burung Cendet dalam kondisi sehat dan tidak dalam kondisi sakit, juga banyak manfaat lain mandi malam untuk burung Cendet.

Itulah beberapa cara yang bisa di lakukan agar burung Cendet rajin bunyi dan gacor. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

 

Jangan lupa kunjungi situs kami :
Semuatentangburung.com
Youtube : Semua Tentang Burung
Instagram : @semua.tentangburung
Facebook : Stb Channel

Wartawan : Agus Budi Santoso
Editor : Dwi Karyono

brid-banner

Baca Juga