Bongkar 9 Cara Merawat Pleci Agar Cepat Gacor Dan Rajin Bunyi

April 4, 2022

1194264a-3da8-405c-b66f-adaaea042053

Burung pleci atau perci adalah salah satu burung kecil yang menjadi primadona bagi beberapa kicau mania, burung yang bernama latin Zosterops dari keluarga Zosteropidae juga di jadikan burung lomba di berbagai even lomba burung berkicau.

Burung pleci apabila sudah gacor dan rajin bunyi dapat menirukan suara burung lain karena burung pleci mampu dengan cepat menyerap suara masteran yang di dengar.

Merawat burung pleci tergolong susah-susah gampang, gampang bagi kicau mania yang memang sudah paham tentang pleci dan mempunyai pengalaman dalam merawat burung pleci. Namun banyak juga kicau mania yang masih pemula tidak tau bagaimana cara merawat burung pleci bahan agar cepat bunyi dan gacor.

Berikut ini adalah tips merawat burung pleci agar cepat bunyi dan gacor :

  1. Berjenis Kelamin Jantan
    Burung pleci yang rajin bunyi dan memiliki suara variasi adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan. Pilihlah bahan burung pleci yang berjenis kelamin jantan dengan ciri-ciri ekor lebih panjang dan berbentuk “V” dari pada pleci betina yang cenderung pendek serta bentuk ekor yang rata. Tapi apabila masih pemula di rekomendasikan saat membeli mengajak orang yang sudah paham tentang pleci.
  2. Pemberian pakan dan EF
    Pakan yang di berikan bisa berupa voer berprotein tinggi, buah-buahan, serta ulat hongkong atau ulat kandang. Untuk ulat hongkong lebih bagus berikan ulat hongkong yang berwarna putih, namun apabila tidak ada bisa berikan ulat hongkong biasa.
  3. Pengembunan
    Pengembunan di lakukan sebelum matahari terbit serta saat pengembunan di sarankan burung pleci jangan berdekatan dengan burung pleci yang lain agar burung pleci bisa bunyi bersaut-sautan untuk memancing burung gacor.
  4. Pemandian
    Cara merawat burung pleci juga tidak lepas dari proses mandi seperti burung kicau pada umumnya, ini berfungsi agar burung pleci merasa rileks dan nyaman saat kita rawat agar cepat rajin bunyi dan gacor. Caranya cukup dengan di semprot sepray burung pelci sampai basah kuyup.
  5. Penjemuran
    Setelah proses pengembunan dan pemandian untuk burung pleci, proses selanjutnya adalah burung pleci kita jemur 1 sampai 2 jam di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9.
  6. Pemasteran
    Pemasteran burung pleci sangat penting agar burung pleci bisa menirukan suara masteran yang kita berikan serta lakukan dengan rutin dan berulang-ulang. Berikan pemasteran pada pagi, siang, sore, dan malam menjelang burung pelci istirahat. Gunakan suara burung masteran asli atau bisa kita memakai suara MP3.
  7. Mendekatkan sangkar burung pleci dengan sangkar burung pleci lainnya
    Burung pleci di alam bebas selalu bergerombol atau berkoloni, maka dengan fakta ini bisa kita simpulkan burung pleci lebih bagus apabila kita memiliki burung pleci lebih dari 1.
    Burung pleci yang belum gacor, bisa kita dekatkan dengan burung pleci yang sudah gacor dan berkicau dengan baik agar burung pleci bahan ikut berkicau.
  8. Istirahat untuk burung pleci
    Istirahatkan burung pleci dengan cara di krodong pada malam hari hingga pagi hari agar stamina terjaga dan tidak drop.
  9. Melatih mental burung pleci
    Untuk melatih mental burung pleci bahan bisa kita lakukan dengan cara mengajak jalan-jalan di lingkungan yang baru, di rekomendasikan lebih bagus di lingkungan yang juga terdapat burung pleci yang lain.

Itulah beberapa tips cara merawat burung pleci bahan agar cepat gacor dan rajin bunyi. Semoga bermanfaat

 

Jangan lupa kunjungi situs kami :
Semuatentangburung.com
Youtube : Semua Tentang Burung
Instagram : @semua.tentangburung
Facebook : Stb Channel

Wartawan : Agus Budi Santoso
Editor 1 : Dwi Karyono
Editor 2 : Ardiansyah Djedol

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
brid-banner

Baca Juga