CUKUP MUDAH !!Setingan Lovebird Untulan – Semuatentangburung

Januari 28, 2022

7f0e9ba9-faf2-44d3-ad8a-a0cb7361058b

Penjelasan simple/ sederhana tentang settingan love bird dewasa untulan, settingan ini bukan untuk lovebird muda. Settingan untulan hanya untuk lovebird dewasa mulai dari usia 8 bulan ke atas, dan untuk mengobati atau mengembalikan kestabilan lovebird mantan juara supaya kembali fighter dalam perlombaan.

Settingan untulan itu settingan berpasangan, jadi love bird jagoan kalian harus di berikan pasangan yang berjodoh untuk hidup bersama dalam satu kandang.

Jika love bird jagoan anda betina maka jangan di berikan glodok kayu atau bambu di dalam kandang, kecuali love bird jangoan anda jantan maka boleh di berikan glodok di dalam kandang. Jadi baiknya jangan ada apa-apa di dalam kandang jika love bird jagoan kalian betina. Di dalam kandang cukup hanya ada cepuk milet putih, cepuk air jernih untuk minum dan tangkringan dan jangan di berikan apa-apa lagi. Settingan kandangnya boleh di kandang kapsul, dan boleh juga di kandang kotak.

Semoga sampai disini kalian paham, supaya tidak bertanya lagi masalah kandang.

Mohon di baca berulang-ulang supaya kalian paham dan setelah kalian paham maka kita lanjut ke penerapan perawatan harian, perawatan setiap hari.

Perawatan harian itu perawatan penurun birahi, dan perawatan kesehatan.

Jadi jika kalian bertanya bagaimana cara menurunkan birahi?

Jawabannya bukan di kasih ramuan ini, ramuan itu, obat ini obat itu, sayuran ini, sayuran itu, ritual ini ritual itu yang ribet ribet ribeeeeeeeet dan keribetan-keribetan lain yang sering di buat-buat orang-orang para pencari konten.

Tapi cara untuk menurunkan birahi itu adalah perawatan harian.

Jadi jika seminggu birahinya belum turun maka tambah 2 minggu perawatan harian jangan di lombakan, jangan ketemu musuh, jangan di trek.

Biarkan lovebird kembali stabil dulu, dan jika love bird terlihat sudah stabil dengan perawatan harian maka barulah si love bird bisa kembali di lombakan.

Sampai disini pahami ya di baca berulang-ulang sampai benar-benar paham, dan setelah kalian paham mari kita lanjut ke penerapan settingan harian.

Penerapan settingan harian untulan Master Love bird Fighter adalah :

1. Pagi lovebird di embunkan atau di angin-anginkan biasakan dekat pepohonan supaya mendapatkan oxigen murni yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

2. Setelah beberapa saat di embunkan, lanjut di umbar. Olahraga terbang di kandang umbaran ini sangat-sangat bermanfaat dan penting bagi makhluk hidup tentunya burung, karena jika manusia ibaratnya di umbar itu adalah joging lari pagi, namun untuk burung bukan lari tapi terbang di kandang umbaran. Tidak perlu lama-lama hanya secukupnya saja, bisa 25x bolak-balik perhari jika panjang kandang umbaran kalian mencapai 2 meter. Fungsi/manfaat terbang di kandang umbaran itu sangat-sangat penuh manfaat, antara lain :

  • Menyehatkan jantung
  • Menyehatkan paru-paru dan memperpanjang pernafasan sehingga burung memiliki nafas panjang dan bersuara keras lantang
  • Melancarkan peredaran darah
  • Melenturkan otot-otot sehingga otot dan pembiluh darah menjadi sehat
  • Membakar lemak sehingga burung tidak kegemukan, yang pastinya membuat tubuh burung menjadi proporsional
  • Meningkatkan metabolisme sehingga burung tidak mudah sakit dan tidak mudah stress dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

3. Ok lanjut setelah di umbar, biarkan burung diam sejenak untuk istirahat kurang lebih 10 menit. Setelah itu barulah burung di kembalikan ke sangkar kapsul atau kotak untuk kembali bersama dengan pasangannya dan untuk dimandikan supaya segar dan bersih.

4. Lanjut setelah dimandikan burung di angin-anginkan dijemur kurang lebih 15 menitan, dan setelah itu lanjut burung di berikan makanan wajib harian yaitu MILET PUTIH POLOS dan AIR JERNIH.

5. Kemudian simpan di dalam rumah di tempat yang sejuk untuk di istirahatkan sambil di master suara kekekan durasi cepat dan panjang. Ingat proses pemasteran harus benar-benar dengan suara volume yang sangat-sangat kecil karena wajib di ingat daya tangkap love bird itu sangat-sangat tajam, jika suara masteran terlalu keras justru akan membuatnya stress kesulitan beristirahat, jadi lebih baik dengan suara yang teramat sangat kecil dan di jauhkan dari kandang supaya tidak mengganggunya ketika burung ingin istirahat.

Secara naluriah tidak di masterpun love bird pasti berbunyi ngekek karena itu merupakan tabiatnya, namun fungsi masteran adalah supaya bunyi yang ia mainkan ketika berlomba mengikuti bunyi kekekan yang kita inginkan.

Selesailah perawatan di pagi hari.

Nah nanti ketemu lagi merawat love bird ketika pulang kerja, bisa sore bisa malam tergantung kalian pulang kerjanya kapan jam berapa.

Perawatan pulang kerja bisa sore bisa malam tergantung kepulangan kalian semua.

Perawatan pulang kerja yaitu :

1.Lovebird di bersihkan kandangnya, kemudian di mandikan dan lanjut di angin-anginkan atau di jemur jika masih sore.

2. Setelah jemur atau di angin-anginkan, lanjut di ganti air minumnya saja, pakan nya tidak perlu di tambahkan. Kenapa airnya minumnya di ganti, karena biasanya sering di pake mandi maka lebih baik air nya di ganti supaya meminum air yang jernih sehat.

3. Kemudian kembali di simpan di dalam rumah di tempat yang sejuk untuk di istirahatkan.

Selama perawatan love bird di krodong atau tidak, sebetulnya tidak begitu pengaruh, tapi saya anjurkan ya di krodong saja dengan bahan yang tipis supaya jika keluarga kalian sedang menyapu bersih-bersih rumah, maka debunya tidak masuk ke dalam kandang.

Itulah perawatan harian lovebird untulan Master Lovebird Fighter.

Di baca ber ulang-ulang ya, sampai kalian benar-benar paham, jika kurang paham maka baca lagi berulang-ulang sampai benar-benar paham.

Setelah kalian paham maka kita lanjut ke perawatan lomba yang dilakukan di hari lomba.

Perawatan lomba hanya di lakukan di hari lomba yang tentunya sangat-sangat mudah.

1.Pagi di hari lomba lovebird di embunkan atau di angin-anginkan seperti biasanya, kemudian lanjut setelah di angin-anginkan lovebird di mandikan.

2. Setelah di mandikan lanjut lovebird di jemur kurang lebih 10 menit saja.

3. Lanjut love bird di kerodong sudah siap sampai saat lomba tiba untuk di lombakan.

Ketika ke lapangan perlombaan kalian boleh membawa, boleh juga tidak membawa pasangannya terserah kalian. Kalau memang merasa tidak repot, ya bawa saja pasangannya namun sediakan sangkar lain karena ketika 1 sesi akan di gantang maka pasangannya harus di pisahkan. Namun jika kalian tidak ingin membawa pasangannya pun tidak masalah, simpan saja di rumah.

brid-banner

Baca Juga