Ini Dia Pakan Untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor – semuatentangburung

Januari 20, 2022

23e8b239-36d9-4f3a-a769-2a1225187988

Burung murai batu (Copsychus malabaricus) ialah burung kicauan yang terkenal cerdas dan bersuara lantang. Burung cantik ini akan gacor atau hobi berkicau jika diberikan pakan yang sesuai. Apa saja pakan untuk murai batu agar cepat gacor? Mari simak informasi berikut ini.

Racikan Pakan untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor

Anda pastinya akan senang jika burung peliharaan Anda gacor dan bersuara lantang. Untuk memperolehnya diperlukan beberapa perhatian khusus. Salah satunya adalah pemberian pakan setiap harinya. Pakan yang tepat sangatlah penting bagi keberhasilan Anda merawat murai batu.

Berikut ini aneka serangga, buah dan pakan buatan yang dapat diracik sebagai pakan burung murai batu:

  • Ulat

Jenis ulat yang biasa digunakan sebagai pakan untuk si cantik nan lantang ini yaitu ulat hongkong dan ulat kandang. Pertanyaannya, apa manfaat ulat hongkong untuk murai batu? ulat yang berasal dari hongkong ini memiliki kandungan protein yang baik bagi si gacor kesayangan Anda.

Bagaimana dengan jenis lainnya? Apa manfaat ulat kandang untuk murai batu? Sama seperti ulat hongkong atau mealworm, ulat kandang juga berfungsi sebagai sumber protein utama dari burung. Kandungan protein pada ulat dua kali lebih banyak dari serangga lainnya.

  • Jangkrik

Serangga nokturnal ini termasuk dalam salah satu pakan bagi burung kicauan. Di alam bebas, jangkrik sendiri merupakan makanan utama dari para burung pemakan serangga. Kandungan nutrisi dan protein pada jangkrik dapat memenuhi kebutuhan harian burung.

Sebelum memberikan jangkrik pada si gacor ini sebaiknya potong bagian kepala, kaki, serta sayap agar memudahkan burung untuk memakannya. Jangan terlalu berlebihan memberikan serangga ini, karena akan membuat peliharaan Anda lebih cepat birahi dan berdampak negatif. 

  • Belalang 

Selain jangkrik, belalang juga merupakan salah satu serangga dengan kadar protein tinggi yang baik bagi burung kicauan. Kadar gizi belalang bahkan lebih tinggi dari serangga malam itu. Namun tidak semua jenis belalang dapat dijadikan pakan untuk murai batu agar cepat gacor.

Untuk itu Anda perlu memilih dengan tepat jenis belalang yang akan dijadikan makanan peliharaan kesayangan Anda. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan sulit dicerna bagi burung sebelum memberikannya pada murai batu.

  • Orong-Orong

Serangga yang hidup di tanah-tanah ini memiliki kandungan protein tinggi yang sangat baik bagi tumbuh kembang burung peliharaan Anda. Sebelum memberikan kepada burung alangkah baiknya jika Anda membuang bagian kepalanya. 

Hal itu dikarenakan pada bagian kepala orong-orong sangat keras dan terdapat bagian yang bergerigi. Bagian tersebut dapat melukai tenggorokan burung murai batu. Yang ditakutkan niat awal agar cepat gacor, malah berakibat sebaliknya dan tak bisa berkicau lagi.

  • Voer

Jika Anda kesulitan menemukan serangga untuk pakan, voer adalah pilihan yang tepat. Makanan buatan ini mudah didapatkan di toko-toko hewan atau pasar burung. Voer juga mengandung protein serangga yang tinggi sangat cocok untuk pakan murai batu agar cepat gacor.

  • Kroto

Telur semut rang-rang ini sangat bagus untuk pertumbuhan burung dengan kadar protein tinggi namun rendah lemak, sehingga membuat burung lebih sehat dan rajin berkicau. Pemberian rutin dengan minimal seminggu sekali dapat melengkapi nutrisi burung agar tetap fit dan bertenaga serta menaikkan birahi burung.

  • Cacing Tanah

Ini berfungsi sebagai penambah birahi burung dan juga melengkapi sistem kekebalan tubuh, sangat bagus untuk murai batu jantan dan betina sebagai penyubur reproduksi. Pemberian yang berlebih dapat mengakibatkan burung menjadi over birahi, sehingga tingkat kegacorannya turun dan untuk burung lomba akan berdampak pada performa di lapangan.

Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis sayuran seperti kale, daun kelor dan brokoli. Sayuran tersebut kaya akan mineral dan bagus bagi kesehatan peliharaan Anda. Cara memberikan buah dan sayur pada burung yaitu dengan gut loadling pada jangkrik dan ulat.

Selain pakan serangga jangan lupa sediakan minuman yang bagus untuk menambah nutrisi pada si burung bersuara merdu ini. Anda dapat mencampurkan air putih dengan vitamin khusus burung untuk melengkapi kebutuhan gizi dari murai batu.

Pemberian pakan untuk murai batu memang penting, tapi jangan lupakan perawatan lainnya seperti menjaga kebersihan burung serta kandangnya. Hal itu bertujuan agar si cantik bersuara lantang ini tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

brid-banner

Baca Juga