KESULITAN MENCARI KROTO !! INI PAKAN PENGGANTI KROTO PALING BAGUS

Agustus 22, 2022

KROTO-SEMUATENTANG BURUNG

Kroto adalah telur dari semut rangrang, kroto sendiri sudah lama dimanfaatkan untuk pakan tambahan burung pemakan serangga contohnya murai batu, kacer, cendet dan lainya.

Kroto terdapat banyak protein dan gizi  untuk menunjang peforma burung agar sehat, gacor, burung lebih lincah dan lebih berkicau merdu.

Kroto sendiri biasanya bisa didapat dari alam dari pohon. Namun, seiring dengan majunya zaman kroto saat ini bisa ditangkarkan.

Walaupun sudah ditangkarkan dengan jumlah penangkar yang berhasil masih bisa dihitung jari menyebabkan pasokan kroto sangat terbatas. Sedangkan burung kicauan kita membutuhkan asupan protein tinggi setiap harinya khusunya burung lomba. Dengan kata lain kroto sangat dibutuhkan untuk burung kicauan. Lalu, dengan kecilnya pasokan kroto dialam maupun di penangkaran. Adakah pakan penganti yang bisa mengatikan protein dari kroto ?

Telur, itulah pakan penganti kroto untuk murai batu. Sebenarnya telur rebus memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kandungan protein nya masih dibawah kroto itu sendiri.

Meski demikian, sebagai pakan alternatif dikala kroto langka masih sangat layak sebagai pengganti kroto.

Kalau telur ayam rebus pastinya mudah didapat serta dari segi harga sangatlah terjangkau dibandingkan dengan kroto.

Dengan uang sekitar 10-20 ribu kita sudah bisa membawa pulang telur ½ kg, sedangkan dengan uang sebesar itu kita hanya dapat kroto 1 ons an.

Satu telur rebus bisa diberikan untuk beberapa burung murai batu kita, dari lolohan, pasto, maupun dewasa.

Coba saja, murai batu akan suka dengan telur rebus yang kita berikan. Pertanyaanya telur rebus bagian mana, kuning atau putih nya untuk murai batu ?  

Cara Memberikan telur rebus untuk makanan burung murai batu

Pertama bersihkan telur dengan air sebelum direbus.

Rebus telur sampai benar-benar matang tidak setengah matang.

Kupas bersihkan cangkang pada telur.

Bagian putih telur lumayan keras dibandingkan pada kuning telur, parutlah dengan jenis parutan yang ada lubangnya. Sekilas putih telur yang diparut mirip kelapa parut dan kroto segar.

Bagian kuning telur yang lunak mudah di campurkan, campurkan dengan voer basah.

Berikan langsung pada murai batu dewasa telur bagian putih ke cepuk khusus, jangan campur dengan voer pakan harianya. Untuk menghindari pembusukan pada voer.

Untuk murai batu lolohan atau anakan, haluskan lagi dengan menekan putih telur dengan sendok sapai lembut halus. Makanan telur rebus ini bisa membuat indukan muari batu sehat dan anakan murai gemuk. Jadi, telur rebus ini sangat bagus untuk murai batu walaupun untuk jangka Panjang.

Tetapi, ada kekurangan dari telur rebus ini yaitu mudah kering dan basi. Berikan telor rebus 6 jam saja, setelah 6 jam bila belom habis ambil dan ganti yang baru utuk menghindari basi dan keras.

 

Keuntungan Ganti Kroto dengan Telur Ayam Rebus

  1. Mudah didapat dari kroto.
  2. Telur lebih murah dari kroto
  3. Pemberian telur bisa dilakukan setiap hari.
  4. Tidak mengenal usian burung.
  5. Semua burung pemakan serangga bisa makan.
  6. Semua bagian telur berguna, dari putih kuning bahkan cangkang bisa digunakan untuk indukan.
  7. Telur relatif bisa disimpan lebih lama jika dibandingkan dengan kroto.

Kekurangan telur

  1. Telur lebih cepat kering bila tidak habis dalam sekali makan.
  2. Kandungan protein dibawah kroto.

Kesimpulan

Demikian pakan alternatif penganti kroto untuk murai batu. Ada berbagai keuntungan dan kekurangan pemberian pakan telur penganti kroto, tetapi kekurangan lebih sedikit dibandingkan dengan kelebihanya.

 

Jika artikel ini bermanfaat, share keteman-teman. Follow IG kami @semua.tentangburung

brid-banner

Baca Juga