Sangat Mudah !! Perawatan Kacer Rajin Bunyi Dan Gacor – semuatentangburung

Februari 17, 2022

75034a77-f44c-448e-9a29-f2f5a6cb0a05

Kacer yang memiliki nama ilmiah copsychus saularis dengan ciri khas warna hitam dan putih pada bulunya ini menjadi salah satu burung kicau primadona di Indonesia. Ada yang memeliharanya sebagai burung ocehan di rumah dan banyak pula yang di rawat untuk burung lomba.

Burung Kacer memiliki suara merdu serta dapat menirukan suara burung lain ini menjadi alasan mengapa banyak kicau mania memeliharanya. Namun, untuk mendapatkan Kacer yang rajin bunyi serta gacor harus melalui proses. Berikut ini adalah contoh perawatan Kacer cepat gacor dan rajin bunyi :

  • Burung kacer di keluarkan pagi hari agar menghirup udara segar sekitar pukul 06.00.
  • Taruh di tempat sejuk atau di teras rumah kurang lebih selama 1 jam agar burung Kacer beradaptasi setelah di keluarkan.
  • Mandikan burung Kacer dengan cara di masukkan ke dalam keramba atau bisa juga di semprot. Saat burung di mandikan sekalian bersihkan kandang burung dan ganti air minum atau pakannya.
  • Berikan voer yang berprotein tinggi agar nutrisi terpenuhi sehingga burung akan menjadi rajin bunyi. Jangan lupa extra fooding berupa jangkrik sebanyak 3-5 ekor pagi hari dan sore hari. Tambahkan ulat kandang, ulat hongkong, kelabang, kroto, maupun ulat bambu sebagai tambahan namun jangan di berikan setiap hari, cukup 1 minggu sekali dan sesuaikan dengan kondisi burung Kacer anda.
  • Jemur kacer selama 2 jam, lakukan sebelum jam 10.00 karena pada jam itu sinar matahari sudah begitu panas dan tidak bagus untuk burung Kacer.
  • Selesai penjemuran, burung Kacer di angin-anginkan selama 15 menit lalu di krodong. Selama burung Kacer dalam kondisi di krodong, kita dapat memasteri dengan suara MP3 atau suara burung masteran asli.
  • Pada sore hari sekitar pukul 15.00 burung Kacer dapat di buka kembali agar menghirup udara sore, bisa di mandikan kembali dan bisa juga tidak tergantung anda.
  • Krodong kembali setelah proses tersebut pada pukul 17.30 dan lanjut di masteri dengan suara yang lebih pelan dan di krodong agar burung Kacer beristirahat.

Itulah sedikit tips perawatan burung Kacer agar rajin bunyi dan gacor. Tapi ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi burung Kacer rajin bunyi dan gacor. Berikut ini faktor yang mempengaruhi burung Kacer yang rajin bunyi dan gacor :

  1. Jantan
    Untuk mendapatkan burung Kacer yang rajin bunyi dan gacor tentunya adalah burung Kacer yang berjenis kelamin jantan. Burung Kacer betina juga berkicau tapi fariasi lagu serta suaranya cenderung monoton tidak seperti burung Kacer jantan.
  2. Pemberian Pakan
    Pilih pakan burung Kacer yang seimbang agar nutrisinya terpenuhi sehingga burung Kacer akan menjadi rajin bunyi dan gacor. Pakan yang dapat di berikan adalah voer dan extrafooding berupa jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, cacing, dan lain-lain.
  3. Kebersihan Kandang
    Kandang burung Kacer juga harus di bersihkan agar burung Kacer menjadi nyaman dan terhindar dari bakteri jahat yang dapat menimbulkan bibit penyakit.
  4. Lingkungan
    Faktor lingkungan yang aman dan nyaman bagi burung Kacer sangat di perlukan. Jauhkan dari hewan pengganggu seperti kucing, tikus, ular, dan hewan pengganggu lainnya. Jika kiranya burung Kacer tidak nyaman, anda dapat menempatkannya di ruangan yang tenang agar burung tidak stres.
  5. Latihan mental
    Melatih mental burung Kacer dengan cara mendekatkan dengan burung sejenis agar sifat fighternya muncul dan usahakan burung Kacernya tidak lebih gacor dari burung Kacer anda.
  6. Rutin dan konsisten
    Perawatan mandi jemur serta pemberian pakan ini lakukan dengan rutin dan konsisten jangan di rubah-rubah agar anda tau kekurangan dalam merawat burung Kacer anda.

Itulah ulasan tentang perawatan burung Kacer agar cepat rajin bunyi dan gacor yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih SALAM KICAU.

 

Jangan lupa kunjungi situs kami :
Semuatentangburung.com
Youtube : Semua Tentang Burung
Instagram : @semua.tentangburung
Facebook : Stb Channel

Wartawan : Agus Budi Santoso
Editor : Dwi Karyono

brid-banner

Baca Juga