JANGAN KETIPU EKOR PANJANG MURAI ! CARA MENGETAHUI ASLI ATAU PALSU EKOR MURAI BATU

Agustus 21, 2022

ekor-semuatentangburung.com

Ekor murai batu memang memiliki ke eksotisan tersendiri bagi penikmatnya, semakin Panjang ekor murai batu semakin cantik dan pastinya memiliki ekonomi tinggi. Dikalangan penghobi Panjang ekor menentukan harga jual murai tersebut. Karena hal tersebut banyak oknum penjual yang melakukan penipuan yang mengakali atau menyambung ekor murai batu agar terlihat Panjang dan tentunya harga akan naik tinggi.

Pada saat ini murai batu terpanjang sekitar 33 Cm, yang normalnya murai batu paling Panjang 27 cm.

Lalu,  bagaimana kalau kita mau membeli murai batu ekor Panjang. Apakah kita bisa mengetahui ekor tersebut palsu atau tidak?

Kali ini kita akan merangkum cara mengetahui asli atau palsu ekor murai batu yang akan kita beli.

Cara mengetahui ekor Murai Batu palsu

  1. Diraba pada ekor murai batu

Upayakan saat membeli murai batu atau memantau burung rabalah bagian pangkal ekor murai batu. Karena apa, penyambungan ekor murai batu umumnya dilakukan pada pangkal ekor dikarenakan pangkal ekor murai batu tempat paling aman dalam menyambung bulu, pangkal ekor bagian bulu yang tidak mudah terlihat saat murai batu nangkring maupun bergerak.

Sambungan ekor palsu akan terasa kasar dikarenakan penyambungan mengunakan lem, sayangnya tidak semua penjual mengijinkan pembeli untuk meraba atau memegang burung dengan alasan burung nanti akan stres.

Paksalah penjual untuk memperbolehkan meraba pangkal ekor, bila tidak boleh patut kita curigai bahwa ekor disambung. Jangan lanjutkan transaksi tersebut bila tidak mau kita kena tipu.

  1. Kekuatan murai batu dalam mengangkat ekor

Bila penjual melarang pegang burung murai beralasan karena takut burung stress, car aini bisa dilakukan untuk meyakinkan kita dengan ke aslian ekor murai batu tersebut.

Murai batu biasanya saat bersuara kretekan, murai batu mengeluarkan suara kretekan murai akan mengangkat ekornya. Nah, pada saat itu lihat murai tersebut kesusahan atau tidak dalam mengangkat bulu ekornya.

Pada dasarnya murai batu yang memiliki ekor Panjang sejak kecil akan terbiasa mengangkat bulu ekornya yang Panjang, dan bila murai batu tersebut yang awalnya pendek dan disambung bulu Panjang burung akan kesusahan bahkan tidak bisa mengangkat bulu ekor saat mengeluarkan suara kretekan.

 

  1. Pancing murai batu untuk tarung bunyi

Paksa burung untuk bergerak secara ekstrem dengan memunculkan fighternya sehinga burung pada posisi tarung, pada saat tarung burung akan super emosi sehingga burung bergerak ekstrem. Hal tersebut untuk mengetahui palsu atau tidak bulu ekor murai batu tersebut. Saat bergerak ekstrem ekor akan dihentak hentakan, Kalau ekor tersebut palsu aklan rontok atau lepas

TIPS MENCETAK MURAI BATU ALBINO !! BUKAN KEBETULAN DAN HOKI

  1. Semprot dengan Air

Pemasangan bulu ekor murai batu yang memang dilakukan oleh sindikat pemalsu ekor pastinya penyambungan akan sangat rapi dan kuat, dan bila kita lakukan cara nomer 3 diatas akan sulit lepas bulu palsunya.

Untuk kasus ini lakukan cara dengan membasahi bulu murai batu mengunakan semprotan air. Pada kasus ini biasanya lem yang dipakai lem super dan untuk menyamarkan lem mengunakan minyak sayur. Nah, anda bisa mengetahui lem pada ekor semprot saja batang ekor murai batu akan terlihat lem yang disamarkan tersebut.

  1. Perhatikan tata letak pada ekor murai batu

Pada umumnya ekor murai batu memiliki bulu sebanyak 8 helai ekor warna putih berukuran pendek, 4 helai ekor berwarna hitam ( 2 helai Panjang tengah, 2 helai agak pendek samping).

Ekor murai batu berwarna putih tadi di samping mengapit ekor warna hitam. Setiap helaian ekor murai batu memiliki Panjang yang berbeda biasanya ekor mengkerucut dari pendek ke Panjang seperti segitiga.

Jadi, perhatikan pola bulu ekor tersebut. Bila pemasangan tidak sempurna seperti pada umumnya kemungkinan ekor burung tersebut palsu atau sambungan.

 

  1. Hindari pembelian murai batu secara online

Memang perkembangan teknologi sedang pesat-pesatnya tak terkecuali di bidang jual beli online atau ecomerce. Teknologi ini tidak bisa digunakan untuk membeli burung khusunya murai batu. Lebih baik lakukan transaksi dengan PCB ( Pantau Cocok Beli ) untuk menghindari khasus penipuan.

 

  1. Ajak teman berpengalaman

Dalam membeli murai batu alangkah baiknya kita membawa teman yang sudah berpengalaman dalam membeli murai batu. Karena ekor murai batu palsu mudah dikenali bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia murai batu.

 

Kesimpulan

Nah, dengan rumitnya cara untuk mengetahui keaslian ekor murai batu. Untuk cara amanya beli lah murai batu ke penangkar yang sudah terpercaya, pastinya dengan harga yang lebih mahal sedikit. Setidaknya kita sudag tau keturunan asal usul murai batu tersebut dengan ekor Panjang.

brid-banner

Baca Juga