JANGAN SAMPAI KETIPU ! INILAH CIRI-CIRI MURAI MEDAN ASLI

Agustus 27, 2022

MURAI-SEMUATENTANGBURUNG.COM

Tahun 2022 ini tahun-nya burung kicauan, dimana setiap event gantangan didominasi burung kicauan. Melihat dari tren 3-5 tahun belakang yang dikuasai burung kekekan atau lovebird. Dimana ditahun-tahun tersebut burung lovebird menguasai even kecil seperti latber sampai event nasional serta banyak kelas yang dilombakan.

Tahun 2022 saat ini sudah berubah era, era sekarang era burung kicauan. Khusunya yang akan kita bahas saat ini burung kicauan Murai Batu.

Murai batu memiliki banyak jenis, contoh yang paling umum murai batu bordan, medan, borneo, aceh. Masih banyak lagi jenis silangan dari murai batu. Tapi, mana yang paling favorit dan bagus untuk burung gantangan ?

Ya, murai batu medan lah jawabanya. Murai batu medan memiliki nilai lebih untuk burung lomba di gantangan. Apasih yang dicari di murai medan ini ?

Murai batu medan ini memiliki jiwa fighter tinggi, terkenal garang dan emosi di lapangan yang meledak-ledak serta memiliki suara yang keras, jernih, nyaring, pastinya akan tembus di arena lomba. Bagaimana cara kita bisa mengetahui burung murai batu medan ini ?

Kita bahas satu persatu bagaimana mengetahui ciri khas dari murai medan ini.

Cara Mengetahui Murai Medan Asli

Setiap jenis murai batu akan memiliki ciri khasnya masing-masing, tak lain murai batu medan ini sendiri.

Ciri di tubuhnya sendiri menjadi kunci mengetahui murai batu medan tersebut asli atau palsu, burung murai batu medan bisa dilihat dari waktu anakan, sehinga kicau mania semua tidak akan salah membeli. Karena di peternak jika murai batu kualias pasti ada silsilahnya. Itu cara paling akurat untuk membeli murai batu medan asli, jika kita membeli bukan di peternak bagaimana ?

 

  1. Postur tubuh

Ketika kita untuk mengetahui jenis murai batu medan, sudah pasti pertama kita lihat posturnya dahulu. Postur tubuh bisa dilihat dengan mata kita, dengan membandingan murai tersebut dengan murai batu jenis lainya akan lebih mudah.

Murai batu asal medan ini memiliki ciri khas postur tubuh lebih besar dibandingkan dengan murai batu jenis lainya. Bulu ekor yang Panjang umumnya memiliki ekor antara 20 cm – 25 cm. murai batu medan memiliki bentuk badan yang gagah, sehingga membuat suara menjadi lebih lantang berkualitas.

Pakan Penganti Kroto Untuk Murai Batu

  1. Ekor murai batu medan

Murai batu medan yang kualitas top bisa memiliki ekor Panjang 35 cm, tetapi untuk rata-rata ekor murai batu medan ini 20-25 cm. tapi, hati-hati banyak pelaku menyambung bulu ekor. Untuk mengatahui asli atau palsu ekor burung murai bisa BACA DISINI!

Motif ekor murai batu. Perlu diketahui, setiap jenis murai batu memiliki motif ekor berbeda. Murai batu medan memiliki motif ekor seperti huruf U. huruf U dibagian tengah seperti terbelah.

Setrip ekor warna putih, coba saja hitung jumlah strip bulu ekor murai batu. Rata-rata strip warna putih ekor murai batu medan memiliki empat pasang kanan dan kiri.

  1. Warna bulu

Ciri khas bulu murai batu asal medan adalah warna hitam pekat yang berkilau. Mungkin hamper semua burung murai batu memiliki warna hitam pada bulunya. Tetapi, murai batu medan memiliki warna hitam yang lebih menonjol dengan warna hitam legam yang berkilau.

Ketika murai batu medan berada di bawah sinar matahari, bulu hitamnya akan Nampak berkilau atau mengkilap dan menghasilkan efek warna kebiru-biruan.

 

  1. Suara

Murai batu medan memiliki suara gacor, negrol ntyyaring jernih dan tembus di lapangan. Karena murai batu ini lebih pintar dari murai batu jenis lainya dengan itu murai batu ini akan lebih banyak menerima suara isian saat berkicau. Bahkan saat murai batu ini dalam keadaan hyper bisa menari dan sujud saat memuntahkan isianya.

 

Kesimpulan

Murai batu medan memang satu jenis murai batu yang memiliki segudang kelebihan. Tetapi, jangan sampai terkecoh saat kita mau membeli murai batu jenis ini. Dengan cara diatas mungkin kan meminimalisir kita ketipu saat akan membeli muari batu medan.  

brid-banner

Baca Juga