7 Rahasia Sukses Merawat Murai Batu Agar Makin Gacor

Desember 18, 2021

MURAI BATU

Burung Murai Batu merupakan jenis burung kicau yang sering digunakan untuk lomba karena memiliki kualitas kicauan yang sangat merdu. Jenis burung ini perlu dirawat dengan cara yang tepat agar rajin bunyi atau punya kicauan lebih merdu. Lalu, bagaimana cara merawat murai batu?  

Cara Merawat Murai Batu

Burung Murai Batu memiliki karakter suara merdu yang nyaring sehingga membuat para pecinta burung tertarik untuk menjadikannya sebagai peserta lomba atau sebagai peliharaan rumahan.

Selain itu, harga jual burung murai batu ini juga dinilai sangat tinggi bahkan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Semakin gacor (mantap) suaranya maka semakin mahal harganya. Adapun cara merawat burung murai batu agar makin gacor dan tidak mudah stres antara lain:

1. Mengembunkan Burung

Untuk pemula, Anda bisa mulai melakukan cara merawat murai batu paling sederhana yakni dengan mengembunkan atau meng-angin-angin-kan burung di luar rumah. Tujuannya agar burung tersebut dapat beradaptasi dengan tempat tinggal barunya agar lekas terbiasa.

Sebaiknya, proses pengembunan burung perlu dilakukan setiap pagi sekitar jam 7 an atau selama 30 menit sebelum burung dimandikan.

2. Memandikan Burung

Bolehkah murai dokor dimandikan? Secara umum, burung murai batu sangat boleh dimandikan agar terhindar dari potensi serangan penyakit akibat bakteri yang menempel pada tubuh burung tersebut.

Biasanya prosesi pemandian burung dilakukan pada saat pagi hari setelah selesai diembunkan di luar rumah.

Adapun cara memandikannya adalah menyemprotkan air ke seluruh tubuh murai batu secara perlahan dan tak perlu dilakukan terlalu lama. Hindari menyemprotkan air terlalu keras karena dapat melukai tubuh burung tersebut.

3. Membersihkan Sangkar Secara Rutin

Selain memandikan penghuninya, cara merawat murai batu yang  perlu dilakukan selanjutnya adalah membersihkan sangkar burung secara rutin agar kebersihan lingkungan tinggalnya tetap terjamin. 

Caranya, Anda perlu menyingkirkan kotoran dan sisa makanan burung di bagian bawah sangkar serta mengganti air minumnya setiap hari.

4. Mengatur Pola Makan Burung

Apa penyebab murai malas bunyi? Salah satunya disebabkan dari cara pemberian pakan maupun jenis-jenis pakannya. Lantas, agar murai batu cepat gacor dikasih makan apa? Biasanya, jenis pakan yang baik untuk burung murai batu antara lain jangkrik, cacing, kroto, orong-orong, dan lain-lain.

Sebaiknya, Anda berikan porsi makan burung yang sesuai dengan ukuran tubuhnya misalkan 5 ekor jangkrik per sekali makan. 

Berikan jatah makan sebanyak dua kali sehari yakni setiap pagi dan sore hari. Agar burung lebih gacor, Anda bisa memberikan jenis multivitamin secara rutin setidaknya selama dua kali dalam sepekan.

5. Menjemurkan Burung

Cara merawat murai batu selanjutnya adalah menjemurkan burung di lingkungan luar rumah selama kurang lebih satu jam atau menyesuaikan kondisi burung pada saat itu.

Proses penjemuran ini dapat Anda lakukan setelah selesai memandikan burung agar sisa air di tubuhnya bisa lebih cepat mengering. Saat dijemur, pastikan lokasi sangkar burung benar-benar aman dari cengkeraman mangsa atau jenis hewan peliharaan lainnya.

6. Mengembunkan Burung Kembali

Burung murai batu memerlukan dua kali proses pengembunan yakni saat sebelum dimandikan dan saat sebelum dimasukkan ke dalam rumah. 

Adapun tujuan dari proses pengembunan kedua ini adalah agar burung dapat menyesuaikan diri dari lingkungan luar rumah agar tidak kaget saat memasuki rumah. Proses pengembunan ini dapat dilakukan setidaknya selama 10 menit di sekitaran teras rumah Anda.

7. Pemasteran Burung

Agar rajin bunyi dan lebih cepat gacor, burung murai perlu melalui proses pemasteran burung secara rutin selama setiap hari. Sebaiknya, proses pemasteran dilakukan selama 15 menit setiap pagi dan sore hari.

Proses pemasteran ini dilakukan dengan cara memperdengarkan burung Anda dengan master suara murai batu rekaman agar ia bisa menirukan suara masteran tersebut dan menghasilkan kualitas suara yang lebih mantap.

Jangan lupa terapkan cara merawat murai batu di atas agar ya!

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
brid-banner

Baca Juga