Mengetahui Lovebird tipe kering atau basah dan perawatan lovebird tipe basah dan kering

April 30, 2022

semuatentangburung

Di kalangan pecinta lovebird mungkin istilah lovebird tipe basah dan kering sangat umum, tetapi istilah ini memang sangat jarang diketahui olek kebanyakan kicau mania. Istilah yang paling umum mungkin konslet, umbar, untulan koloni dsb.
Kali ini kita mau membahas tentang tipe lovebird kering maupun basah, kenapa hal ini perlu dibahas. Karena tipe kering dan basah sangat mempengaruhi pola kita merawat lovebird agar mau bunyi dan prestasi di lomba tentunya. Mungkin sobat kicau yang lovebirdnya belum moncer mungkin belom bisa membedakan tipe kering atau basah. simak selengapnya dibawah.

Pada dasarnya lovebird itu memiliki sejuta karakter dari satu individu dengan individu lainya, tipe kering dan basah merupakan pengerucutan karakter yang dimiliki burung lovebird. Untuk mengetahui lovebird sobat kicau mania itu tipe basah atau kering kita harus melakukan pengamatan dulu pada lovebird kita, makan akan diketahui karakter dan rawatan yang sesuai.

Mengenali ciri lovebird tipe kering dan basah
Bagaimana sih cara mengetahui ciri lovebird kita tipe kering atau basah? berikut beberapa hal yang bisa dilakukan atau dketahui ;

  •  Pertama cari tahu lovebird kita menyukai tempat yang sejuk atau panas, dapat dilakukan dengan pemantauan saat kita jemur. Jika burung terlihat gelisah saat dijemur dalam waktu singkat lovebird tersebut termasuk tipe basah, karena lovebird tipe basah cenderung tidak kuat dijemur. Dan bila sebaliknya burung saat kita jemur nyaman dan tenang saat dijemur bisa dipastikan lovebird tersebut tipe kering yang dimana cenderung tahan dijemur lama.
  • Kedua Masukan Cepuk Air kedalam sangkar, bila saat dimasukan cepuk air lovebird langsung masuk ke cepuk dan bermain-main dengan air. Bisa dikatakan lovebird tersebut tipe basah, dan apa bila sebliknya ketika cepuk air dimasukan lovebird terlihat cuek bisa dikatakan lovebird tersebut tipe kering. DImana lovebird tipe kering cenderung lama respon masuk ke cepuk mandi.
  • Ketiga Lakukan Penyemprotan pada burung lovebird, cek perilaku lovebird saat disemprot air pakai spray. Bila lovebird terlihat tenang merem-merem saat disemprot air bisa dipastikan lovebid tersebut tipe lovebird basah. Dan bila lovebird tersebut disemprot air malah giras nabrak sangkar atau tidak nyaman, bisa dikatakan lovebird tersebut masuk dalam lovebird tipe kering.

BACA JUGA ; 

4 Cara Mudah Merawat Lovebird Jantan Single Fighter – semuatentangburung

Perawatan Lovebird Berdasarkan Kedua tipe tersebut
Perawatan burung terdiri dari dua bagian pada umunya, yaitu perawatan harian dan perawatan lomba. Dari dua karakter lovebird basah dan kering tentunya berbeda juga cara treatmen merawat kedua karakter lovebird tersebut, adapun yang tidak terlalu beda ialah dari segi pakan.

  • Perawatan Harian
    Lovebird tipe basah biasanya dilakukan penjemuran dulu sebelum dimandikan, lakukan penjemuran -+ 10 menit sebelum lovebird kita mandikan. Lakukan pemandian pada lovebird sampai basah kuyup, lalu angin angikan sampai bulu lovebird kering.
    Lovebird tipe kering dimana burung suka dijemur, mandikan burung dahulu setelah itu lakukan penjemuran. Lakukan penjemuran lebih lama dari lovebird tipe basah, lakukan penjemuran selama 30 menit. Selesai dijemur burung diangin anginkan ditempat yang teduh.

  • Perwatan Lomba
    Lovebird tipe basah lebih suka pada kondisi sejuk dan berangin, sebelum digantang lakukan penjemuran dahulu fungsinya untuk menaikan birahi lovebird. Saat mau naik ke gantangan, lakukan semprot tangkringan/tenggeran agar loveird merasa nyaman saat di atas gantangan.
    Lovebird tipe kering cenderung suka pada kondisi tempat yang panas, tetapi dengan hal tersebut membuat lovebird menjadi mudah naik birahi, dan akan sangat menggangu performa mereka di gantangan. Sehingga kita harus melakukan penyemprotan burung secara berkala sebelum naik lomba.

Itulah sedikit pembahasan tentang Lovebird Tipe kering dan basah. meski demikian memahami karakter lovebird dan burung umumnya sangat sulit, butuh waktu tenaga dan kepekaan untuk dapat memahami kemauan burung mau berbunyi. Rawat lovebird kalian sepenuh hati maka kalian bisa mengetahui karakter lovebird kita. Salam Lestari

brid-banner

Baca Juga